Jumat, 15 Oktober 2010

Apakah yang Dimaksud dengan Jalan Kaki di Gobi?


Geoweek, Kompas – MENDENGAR orang-orang yang ikut dalam jalan kaki tahunan di Gurun Gobi bisa membuat Anda mengambil kesimpulan yang keras, mereka yang mengikuti kegiatan ini adalah orang-orang yang hilang akal. Tetapi nyatanya, setiap tahun ada lebih dari 40 orang yang mengikuti marathonultra ini.

Dijuluki “Perlombaan yang Tidak Ada Jalan Kembali”, jalan kaki ini menuntut peserta berjalan sejauh 155 mil (250 kilometer) selama tujuh hari melintasi beberapa dari permukaan Bumi yang paling menantang, yaitu Gurun Gobi di barat laut China, sebuah kawasan seluas 550.000 mil persegi (1,3 juta kilometer persegi), di perbatasan antara China dan Mongolia. Dalam setiap tahun, curah hujan yang turun di beberapa bagian Gobi kurang dari 3 inci (7,6 cm).

Mereka yang mengikuti jalan kaki ini harus membawa sendiri semua yang mereka perluakn untuk bertahan selama lomba. Panitia lomba hanya menyediakan air minum, memberi tenda dalam keadaan darurat, dan satu tenda besar untuk dipakai tidur bersama malam hari pada akhir tiap etape. Jalur perlombaan dirahasiakan sehingga sehari sebelum lomba dimulai, melintasi pegunungan dan lembah, bukit-bukit pasir yang luas dan bahkan sungai. Tiap etape jaraknya bisa 10-50 mil (16-80 km). lomba ini diadakan untuk mempengaruhi kegiatan tiga perempuan yang melintasi Gurun Gobi setidaknya lima kali seabad yang lalu. (NYTNS)

GW1216 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...