Senin, 13 September 2010

Siapakah Snorri Thorfinnsson?


Geoweek, Kompas – BERDASARKAN legenda, yang membuat Snorri Thorfinnsson populer adalah tempat kelahirannya di Vinland, atau yangs ekarang dikenal sebagai Newfoundland (daerah yang baru ditemukan) di Kanada. Dia disebut-sebut sebagai orang Eropa pertama yang lahir di dunia Baru. Akan tetapi, para peneliti mempertanyakan apakah kelahirannya terjadi sekitar tahun 1000 Masehi, dan apakah dia benar-benar ada.

Pada tahun 2002, para peneliti menemukan apa yang mereka percaya sebagai bukti keberadaannya, menguatkan posisi Thorfinnsson dalam sejarah. Mereka menemukan sumah keluarga di mana dia dibesarkan setelah keluarganya kembali ke Islandia.

Ayah dan ibunya, Thorfinn Karlsefni dan Gudrid Thorbjarnmardottir, pulang kembali ke negara kepulauan mereka setelah gagal mengolonisasi Vinland. Di sana mereka mulai membuat peternakan, dan Karlsefni bisa hidup sejahtera dengan mengimpor sebuah perahu yang penuh denga barang-barang dari Dunia Baru. Kemudian ibunya, seorang kristiani, pergi ke Roma untuk bertemu dengan Paus, sebelum akhirnya dia menjadi biarawati dan mendirikan sebuah gereja di Islandia.

Para ahli sejarah berpikir bahwa Glaumber Folk Museum berdiri di atas rumah Thorfinnsson, namun para ahli berpendapat, rumah panjang tradisonal Norse itu sebenarnya terletak di padang rumput yang tumbuh dekat museum. (NYTS/ARN)

GW1117 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...