Minggu, 12 September 2010

Burung Jenis Baru Apa yang Ditemukan di Kolombia?


Geoweek, Kompas -SEJENIS burung baru telah ditemukan di hutan kabut Kolombia, tinggi di Pegunungan Andes. Burung berwarna cerah ini, anggota keluarga finch, sejenis burung penyanyi, merupakan jenis pertama dari jenis-jenis burung baru yang akan diidentifikasi dari spesimen hidup.

Berwarna hitam-kuning dengan jambul oranye, Yariguies brush berukuran kira-kira sekepal tangan laki-laki dewasa. Burung ini ditemukan pada tahun 2004 oleh tim peneliti dari Kolombia-Inggris yang bekerja di daerah yang begitu terpencil yanh hanya bisa dicapai dengan helikopter. Baru-baru ini burung itu dipastikan merupakan jenis burung baru.


Selain burung penyanyi itu, beberapa jenis hewan lain juga ditemukan tim ini. Hal ini mendorong Pemerintah Kolombia menjadi kawasan seluas 78.387 hektar sebagai taman nasional baru.

Burung Yariguies ini dinamai mengikuti nama suku Indian legendaris yang pernah menghuni kawasan itu. Suku tersebut diduga melakukan bunuh diri massal pada tahun 1500-an daripada diperbudak oleh penakluk Spanyol.


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...