Sabtu, 18 September 2010

Di Manakah Letak Danau Air Tawar Terbesar?


Geoweek, Kompas – DANAU paling utara dan paling besar diantara danau-danau di Amerika Utara adalah Danau Superior, yang juga merupakan danau air tawar terbesar di dunia. danau ini membentang seluas 31.698 mil persegi (82.000 kilmeter persegi), kawasan yang luas sebesar negara bagian Maine, Amerika Serikat. Luas DKI Jakarta 661,52 kilometer persegi.

Panjang danau ini kira-kira 350 mil dan titik-titik terlebarnya membentang 160 mil (257 kilometer). Danau ini juga merupakan yang terdingin dan terdalam di antara danau-danau besar, dengan suhu rata-rata 40 derajat Fahrenheit (4,4 derajat Celsius), kedalam rata-rata 500 kaki (152,4 meter) dan titik terdalamnya 1.332 kaki (406 meter).

Meskipun demikian, rekor danau terbesar dipegang oleh Laut Kaspia, sebuah danau air asin amat luas yang meliputi wilayah Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Iran. Perairan ini dinamai “laut” oleh orang Roma kuno karena airnya terasa asin dan luasnya lima kali luas Danau Superior.

Danau Victoria yang terdapat di perbatasan Tazmania dan Uganda adalah danau terbesar ketiga di dunia, diikuti Danau Huron dan Danau Michigan yang merupakan bagian dari danau-danau besar. Laut Aral di Kazakhstan dan Uzbekistan, Danau Tanganyika terletak di antara Tanzania dan Kongo. Danau Beruang Besar di kanada, dan Danau Nyasa yang berada di Malawi, Mozambik dan Tanzania sekaligus menjadi danau terluas kesepuluh di dunia. (NYTNS)

GW1315 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...