Sabtu, 25 September 2010

Siapakah “Robinson Crusoe” Perempuan?


Geoweek, Kompas – JURU warta internasional menjuluki Ada Blackjack dengan nama “Robinson Crusoe” perempuan, tetapi si pemilik nama menolak disamakan dengan jagoan dalam cerita fiksi karya Daniel Defoe tentang kemampuan seorang laki-laki bertahan hidup setelah terdampar di sebuah pulau terpencil tersebut.

Meskipun demikian, Blackjack adalah satu-satunya anggota tim ekspedisi yang bertahan hidup. Ekspedisi itu bermaksud menetapkan klaim kawasan itu bermaksud menetapkan klaim kawasan Artik yang diperebutkan antara Amerika Serikat dan Inggris.

Pada tahun 1921 penjelajah Kanada, Vilhjalmur Stefansson, membentuk kelompok yang terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan bergerak ke utara ke Pulau Wrangel , sebuah pulau kecil di utara Siberia yang dianggap sebagai bagian Rusia. Tidak satupun dari mereka berlima yang mempunyai pengalaman di Artik. Blackjack yang belakangan menjanda dan memiliki seorang anak yang sakit serius, melihat perjalanan ini sebagai peluang untuk mendapatkan cukup uang guna meningkatkan status kehidupannya.

Tidak siap menghadap musim dingin Artik yang keras dan kekurangan makanan, tiga anggota laki-laki meninggalkan rombongan untuk mencari pertolongan dan tidak pernah kembali. Blackjack mengurus anggota yang keemat, tetapi dia pun tewas tidak berapa lama kemudian, meninggalkan Blackjack sendirian menghadapi serangan beruang kutub dan kelaparan.

Stefansson mengirim Blackjack kapal yang membawa perbekalan, tetapi kapal itu terhambat oleh es musim dingin. Kapal itu akhirnya tiba di tempat tujuan pada 1923 dan menyelamatkan Blackjack. (NYTNS)

GW1212 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...