Rabu, 22 September 2010

Di Mana Danau yang Banyak Ikannya?


Geoweek, Kompas – DI ujung selatan Lembah Rekah Afrika Besar terdapat danau yang panjang dan sempit yang dibuat terkenal oleh misionaris dan penjelajah Skotlandia, David Livingstone. Pada 1859, Livingstone menjadi orang Eropa pertama yang menyaksikan Danau Malawi dan ikannya yang beraneka ragam. Jumlah ikan yang menakjubkan menjadikan danau itu sebagai danau yang paling banyak ikannya.

Danau Malawi memiliki jenis ikan endemik jauh lebih besar, lebih dari 500 jenis, dibandingkan dengan danau lain di muka Bumi. Kebanyakan ikan tersebut dari kelompok cichlid, sejenis ikan merah yang berwarna-warni dan biasa dipakai menghias akuarium. Cichlid diucapkan siklid, merupakan famili besar dengan lebih dari 1.500 jenis, begitu banyak. Dalam kenyataan, cichild merupakan 5 persen dari total vertebrata Bumi, Grup terbesar terdapat di Danau Malawi, tetapi mereka juga dapat ditemukan di danau-danau Lembah Rekah lainnya dan di lokasi tertentu di luar Afrika.

Danau Malawi, yang secara lokal juga dikenal sebagai Danau Nyasa, dibatasi oleh Malawi, Mozambik dan Tanzania. Danau berusia 4.000 tahun itu panjangnya 348 mil (560 km) dan bagian yang terlebarnya mencapai 47 mil (75 km). danau ini merupakan danau keempat terdalam di Bumi, dengan kedalaman maksimum mencapai 2.310 kaki (704 meter). Total luas permukaannya sekitar 11.430 mil persegi (29.600 km persegi). (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...