Minggu, 26 September 2010

Di Manakah Rawa Congaree?


Geoweek, Kompas - SEBUAH rawa luas yang berada di sepanjang Sungai Congaree di tenggara Columbia, Carolina Selatan, adalah salah satu tempat tumbuh pohon-pohon hutan tertinggi di dunia. Rawa Congaree, ditetapkan sebagai taman nasional ke-57 Amerika Serikat pada tahun 2003, memiliki sisa-sisa hutan daratan banjir tua di Amerika Serikat.

Tanah dan unsur hara yang terdapat di ekosistem dataran rawa banjir yang dinamis mendorong pertumbuhan pohon-pohon di sana. Di Congaree tumguh beberapa pohon yang merupakan juara nasioanl, termasuk pinus lobloli yang merupakan pohon terbesar di Amerika Serikat.

Yang senama dengan rawa ini, yaitu suku Indian Congaree, menyebut kawasan ini sebagai rumah sampai awal tahun 1700-an ketika epidemi cacar air, dibawa pendatang Eropa, menghabisi seluruh populasi suku tersebut.

Taman itu memiliki sejumlah “gundukan sapi”, yaitu ketinggian yang digunakan sapi-sapi ternakan untuk menghindari banjir ketika rawa pasang. Pada tahun 1996, gundukan-gundukan itu ditambahkan ke dalam Daftar Nasional Tempat-tempat Bersejarah.

Congaree dulunya adalah tempat tinggal burung pelatuk paruh gading, yang sekarang diyakini telah punah. Pada tahun 2005 seekor pelatuk paruh gading dilaporkan terlihat di Arkansas sehingga mendorong para relawan melakukan survei burung di kawasan lain habitat awal burung ini.


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...