Sabtu, 11 September 2010

Di Manakah Sungai Terpanjang dan Terpendek?


Geoweek, Kompas – HAMPIR semua pihak yang berwenang sepakat bahwa Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil mengalir sepanjang 4.132 mil (6.650 kilometer) dari mata air-mata airnya hingga ke ujung hilirnya di Laut Tengah. Sungai terpanjang kedua adalah Sungai Amazon yang kapasitas airnya jauh diatas Nil. Namun, ketika Nil kalah dalam kapasitas volume, sungai ini menggatikan dengan kesuburan, mengalir melalui lembah sungai pengairan yang terkenal dalam sejarah.

Sungai Nil memiliki dua anak sungai utama, Nil Biru dan Nil Putih. Danau Victoria di Lembah Retak Besar adalah sumber mata air Nil Putih. Nil Biru mengalir dari dataran tinggi-dataran tinggi Etiopia untuk kemudian bergabung dengan saudaranya di Khartoum, ibu kota Sudan.

Tampilan fisik menonjol lain dari Nil adalah enam “katarak” alamiah atau air terjun yang terjadi sekali sebanyak enam buah dan Bendungan Aswan yang sangat besar. Bendungan selesai dibangun tahun 1970 setelah pembangunan selama 10 tahun.

Pemegang gelar “sungai terpendek di dunia” tidak menerima pujian terus-menerus seperti Nil. “Guinnes Book of World Records” mengakui Sungai Roe di Montana, Amerika Serikat, sebagai “pemegang” resmi. Panjang Sungai Roe 201 kaki (61 meter) dan mengalir dari Giant Spring, mata air tawar terbesar di AS, menuju ke Sungai Missouri.

Beberapa pihak lebih memilih calon lain, yaitu Sungai D di Oregon. Dengan panjang hanya 120 kaki (36 meter), sungai D menghubungkan langsung Danau Devil dengan Samudra Pasifik. Pihak lain berpendapat, D sama sekali bukan sungai. Sebagai tambahan, panjang semua sungai dapat bervariasi secara nyata sehingga mendorong kompetisi perebutan gelar. (NYTNS)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...