Minggu, 19 September 2010

Apakah “Setan Merah” Menginvasi Samudra Pasifik?


Geoweek, Kompas – KAWANAN yang terdiri atas ribuan cumi-cumi raksasa menginvasi kawasa timur pasifik. Cumi humboldt, dijuluki juga “setan merah” karena warna serta nafsu makannya yang besar, biasanya hanya terdapat di perairan Laut Cortez. Selama tahun-tahun terakhir mereka bermigrasi ke utara dan selatan pantai samudra Pasifik, mengganggu ekosistem samudra itu.

Lebih dari 25 juta cumi humboldt diperkirakan hidup di perairan dekat santa Rosalia, Meksiko, kawasan dimana dalam keadaan normal cumi itu hidup. Akan tetapi, kelompok-kelompok besar cumi itu telah bermigrasi ke Pasifik, sepanjang Pantai California dan menyebar hingga ke Alaska di Utara dan Cile di selatan.


Ketika bermigrasi berskuadron-skuadron cumi raksasa itu memakan ikan dalam jumlah besar, terutama ikan hake Pasifik yang bernilai ekonomi tinggi. Di sisi lain, cumi juga dimangsa predator lain, antara lain paus sperma dan hiu mako.

Migrasi misterius cumi raksasa pernah terjadi masa lalu, tetapi terbatas hanya di Pantai California. Migrasi yang lebih luas saat ini memicu spekulasi bahwa mekanisme fisik, seperti perubahan iklim, merupakan penyebab perubahan itu.


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...