Sabtu, 04 September 2010

Apakah Bentuk Daratan Itu?


Geoweek, Kompas – DALAM pengertian yang sesungguhnya, bentuk daratan adalah semua tampilan geografis yang menyusun wajah Bumi. Mulai dari gunung-gunung hingga lembah-lembah hingga padang pasir sampai dataran tinggi, mereka adalah salah satu bentuk daratan. Beberapa, seperti gunung berapi dan tanah longsor, terbentuk sebagai hsil aksi yang keras. Proses yang lambat, bertahap, membentuk permukaan daratan termasuk lembah dan delta sungai.

Dari udara, tipe dasar permukaan daratan Planet Bumi sangat nyata. Citra satelit Amerika Serikat, misalnya, menunjukan rantai masif pegunungan negeri ini, Sierra Nevada dan Pegunungan Rocky di barat dan timur itu terdapat Great Plains dan Dataran Tinggi Ozark, menawarkan daratan yang datar dan luas. Dataran Gulf Coastal Plain membentang dari Texas melintas daerah tenggara dan ke utara sepanjang tepian Atlantik.


Bentuk daratan menawarkan bukti bagaimana berbedanya Bumi pada masa lalu. Death Valley di Amerika dan padang pasir yang mengelilinginya pernah menjadi dasar dari lautan dalam benua, sementara Great Lakes adalah sisa-sisa dari sungai es yang berasal dari masa Zaman Es terakhir.

Namun, bentuk daratan juga menunjukan bukti perubahan lebih akhir. Patahan akibat gempa bumi yang berjajar di pantai barat Amerika memberikan bukti bahwa bentuk daratan Bumi masih berubah terus perlahan-lahan.

Dalam bulan-bulan mendatang kita akan menjelajahi bentuk-bentuk daratan Bumi yang paling menakjubkan di sembilan bagian perjalanan tampilan geografi Bumi. Marilah bargabung saat kami memriksa monolit, delta sungai, air terjun, dataran tinggi, gunung berapi, tanah aluvial dan pulau pasri. (NYTNS/nmp)

GW917 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...