Kamis, 26 Agustus 2010

Di Manakah Puncak Tertinggi di Teritorial Spanyol?


Geoweek, Kompas – PADA sebuah hari yang cerah, pengunjung bisa menaiki kereta gantung ke puncak Gunung Teide dan menyaksikan ketujuh pulau di Kepulauan Canary. Berada sekitar 124 mil (200 kilometer) lepas pantai barat laut Afrika dan tegak setinggi 12.188 kaki (3.715 meter) di Tenerife, titik paling pusat dari rangkaian pulau-pulau itu. Teide adalah juara puncak gunung-gunung di Spanyol.

Teide adalah jenis gunung berapi perisai yang berasal dari paling tidak lima juta tahun lalu. Gunung ini tumbuh dari aliran lava yang silih berganti tumpah dari puncak. Pada ketinggian tiga perempat dari gunung itu, para pendaki bisa melintas di kaldera Las canadas atau cekungan sebuah lingkaran yang mengelilingi bagian tertinggi dari puncak gunung. Kaldera ini terbentuk ketika, saat letusan besar sebelumnya, sebuah ruang magma jauh di dalam sebuah gunung runtuh dan membuat gunung ini stabil.

Setidaknya ada tiga puncak gunung muncul dari dalam kaldera. Letusan terakhir Gunung Teida terjadi tahun 1909 dan berlangsung 10 hari, dengan lava mengalir dari kawah terpisah yang terbentuk di sisi barat laut gunung. Ini adalah gunung berapi ketiga terbesar di Bumi. Gunung Mauna Loa dan Mauna Kea di Hawaii yang menempati peringkat pertama dan kedua tertinggi,  juga merupakan gunung api perisai. (NYTNS)

GW1215 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...