Senin, 23 Agustus 2010

Di Mana Letak Kota Tua Urkesh?


Geoweek, Kompas – SELAMA lebih dari 12 tahun dua arkeolog California memburu mitologi mengenai kota yang hilang, Urkesh. Kota ini merupakan pusat kebudayaan orang Hurrian yang berkembang pada tahun 2.300-3.300 SM. Pada tahun 1995 dua arkeolog itu menggali sebuah rumah penyimpanan kecil dan menemukan lebih dari 600 potong artefak yang berhubungan dengan kota tersebut sehingga memecahkan misteri yang membingungkan para peneliti selama berabad-abad.

Giorgio Buccellati dan Marilyn Kelly, pasangan suami-istri dari UCLA dan California State University, menemukan Urkesh di bawah Tell Mozan, kota modern 400 mil barat laut Damascus, Suriah, di dekat jalur perdagangan kuno di Timur Tengah. Kota milik orang Hurrian itu dulunya menjadi pusat kawasan perdagangan yang sekarang berada di Suriah dan Turki. Urkesh juga diyakini merupakan tempat dewa orang Hurrian, Kumarbi.

Artefak-artefak yang ditemukan para peneliti berbentuk stempel dan silinder yang digunakan untuk membuat cetakan di atas lempung basah, seperti tanda tangan untuk menunjukkan kepemilikan barang-barang. Banyak stempel kuno menunjukkan pemiliknya adalah ratu di Urkesh, yang sebelumnya tak dikenal bernama Ugnitum. Ini menunjukan Ratu Ugnitum memiliki kekuasaan sendiri yang cukup besar dan tidak bergantung pada suaminya, sang raja, sesuatu yang menurut kedua peneliti tersebut mungkin saja terjadi. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...