Minggu, 29 Agustus 2010

Di Manakah Pasar para Penyihir?


Geoweek, Kompas – JALAN-jalan di Calle Linares, Sagarnaga, dan Jumenez bukanlah tempat untuk mereka dengan perut lemah. Di dalam kota La Paz yang masih, dengan populasi berjumlah satu juta jiwa serta keinginan untuk dilihat sebagai kota metropolitan, para pelancong bisa melakukan perjalanan di jalan-jalan tersebut dan masuk ke Abad Kegelapan.

Di situlah Pasar Para Penyihir Bolivia. Merupakan daya tarik para turis yang sudah berlangsung sejak lama, kawasa kota ini menyediakan keperluan dunia gaib, menawarkan apa saja yang mungkin dibutuhkan para penyihir dan penyembah berhala.


Gerai-gerai kecil di jalan ini menjual tumbuhan alam sebagai obat tradisional selain barang-barang lain yang kurang tradisional. Misalnya, para pelanggan bisa membeli trenggiling yang dikeringkan, yang bila diletakkan di luar rumah akan melindungi rumah itu dari pencuri. Keramik yang meniru bentuk manusia diaku bisa mempengaruhi kehidupan seksual pemilik keramik itu.

Para pemilik toko mempunyai pelanggan yang jumlahnya tetap, yaitu para turis mengunjungi La Paz dengan Pasar Para Penyihir sebagai salah satu tujuan kunci dalam jadwal perjalanan. (NYTNS).


GW1143 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...