Minggu, 15 Agustus 2010

Di Manakah Minyak Zaitun Dibuat?



Geofacts, Kompas - SEPERTI yang telah terjadi selama berabad-abad, tempat kelahiran 99 persen minyak zaitun adalah tanah-tanah yang mengelilingi Laut Tengah. Para ilmuwan meyakini bahwa pohon zaitu liar pertama kali didomestikasi kira-kira 6.000 tahun lalu di Israel dan Lebanon, meskipun kini tak satupun dari dua negara itu nomor satu produksi minyak zaitunnya. Spanyol, italia dan Yunani adalah tiga produser utama minyak zaitun, diikuti oleh Turki, Tunisi dan Siria. Dan, ketika Spanyol mungkin memproduksi 47 persen lebih daripada yang diproduksi Italia, tetapi produksi Italia-lah yang lebih disukai pasar. Sejak 1983, Amerika Serikat meningkatkan impor minyak zaitunnya lima kali, dan hampir tiga perempat dari jumlah impor itu didatangkan dari Italia.

Membuat satu galon minyak zaitun mungkin membutuhkan lebih dari dua ton (1.814 kg) buah zaitun.


Meskipun cita rsanya telah menjadi daya tarik zaitun selama ribuan tahun, penelitian modern menyajikan alasan lain untuk mengonsumsinya, ilmuwan telah menemukan bahwa minyak zaitun mengandung lemak-lemak tak jenuh berantai tunggal, vitamin E dan polifenol. Dua senyawa yang terakhir bisa menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit hati, sementara lemak-lemaknya membantu menurunkan kadar kolesterol darah. (NYTNS/nmp).


GF807 Copyright © 2000 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...