Senin, 16 Agustus 2010

Bagaimana Nasib Terowongan Raja Hezekiah?


Geoweek, Kompas – JALAN hidup terkenal yang menyelamatkan Jerusalem dari tentara Asiria masih berkelok-kelok di bawah kota legenda, dan sekarang sejarah terowongan itu dikukuhkan oleh sejumlah alat-alat ilmu pengetahuan mutahkhir.

Dengan menggunakan pengukuran umur bahan karbon dan sisa-sisa tembok dari terowongan itu serta penemuan umur menggunakan uraniumthorium pada stalaktit yang telah bertumbuh selama memverifikasi kisah tentang terowongan itu yang berasal dari Injil. Ini adalah untuk pertama kalinya kisah dalam kita suci diverifikasi dengan cara perhitungan waktu tersebut.

Raja Hezekiah, penguasa Judea, menyadari bahwa ketika dia menolak untuk membayar upeti kepada Kaisar Asiria. Sennacherib, dia akan menghadapi pasukan yang haus peperangan, pasukan yang telah menghancurkan lebih dari 40 kota di kerajaan itu.

Dalam sebuah usaha yang massif, pekerja menggali terowongan sepanjang 1.748 kaki (533 meter) melalui lapisan bebatuan di bawah kota itu. Terowongan itu menghubungkan mata air Gihon di bagian luar tembok kota dengan kolam di dalam terowongan, mebuat semua air segar mengalir ke tangan mereka selama penyerbuan, sementara para penyerbu tidak mendapat air bersih.

Terowongan ini masih bisa dilalui para turis yang mau menapak tilas di sana. (NYTNS)

GW1211 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...