Kamis, 12 Agustus 2010

Di Mana Letak Negara Baru Anggota UE?


Geoweek, Kompas – KERUMUNAN orang berkumpul di Bukharest, ibu kota Romania, dan di Sofia, Bulgaria, pada 1 Januari 2007, untuk merayakan tonggak baru negara-negara bekas Uni Soviet. Dua negara bertetangga di laut Hitam itu merayakan diterimanya mereka dalam Uni Eropa (UE). Dengan masuknya Romania dan Bulgaria, jumlah anggota UE sekarang menjadi 27 negara.

Pesta tahun baru itu di sisi lan tidak disambut gembira anggota UE lain. Sebuah jajak pendapat baru-baru ini mengindikasikan, kurang dari separuh penduduk di negara-negara yang telah bergabung dengan UE sebelum 2004 mendukung perluasan keanggotaan UE lebih jauh.

Yang lain juga mengkhawatirkan kondisi ekonomi dan sosial di dalam dua negara baru itu. Produk domestik bruto Bulgaria dan Romania hanya sepertiga rata-rata anggota UE lainnya. Kedua negara itu juga dalam pemantauan oleh pejabat-pejabat UE untuk menilai seberapa jauh pemerintahan mereka mengontrol korupsi, membawa ke pengadilan kelompok kriminil terorganisasi dan menetapkan standar keamanan UE dalam pangan dan penerbangan komersial.

Romania dan Bulgaria adalah dua dari selusin negara yang paling akhir bergabung dalam UE, kebanyak berasal dari bekas blok Uni Soviet, yang pertama kali menyatakan ingin bergabung dengan UE pada pertengahan 1990-an. Sepuluh negara lainnya diterima sebagai bagian dari perluasan UE pada tahun 2004. (NYTNS)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...