Selasa, 20 Juli 2010

Negara Mana yang Memiliki Bendera Tertua?


Geoweek, Kompas – SETIAP negara memiliki bendera, sepotong kain berwarna dengan seperangkat warna dan simbol khas, yang memiliki rakyat dan pemerintahan negara bersangkutan. Bendera telah digunakan selama lebih dari 5.000 tahun dan aslinya dinamai “vexilloids”, dari kata Latin yang berarti “petunjuk”.

Bendera logam dari Iran berasal dari tahun 3000 SM. Orang-orang Roma mungkin yang pertama kali memakai bendera kain untuk menandai pasukan militernya di dalam peperangan.

Sulit menentukan bendera nasional tertua, tetapi bendera Denmark, Dannebrog, secara umum dianggap sebagai bendera nasional tertua yang terus-menerus digunakan. Terdiri dari kotak berwarna merah dengan palang warna putih di atasnya. Dannebrog berasal dari abad ke-13 dan dijadikan bendera nasional pada tahun 1625.

Cerita rakyat Denmark menuturkan sebuah perang antara Denmark dan Estonia pada tahun 1219 ketika Dannebrog jatuh dari langit ke tangan Raja Valdemar II. Bendera itu digunakan oleh raja sebagai pataka yang membawa orang Denmark pada kemenangan dalam perang tersebut. Tentu saja tidak ada bukti sejarah yang mendukung kisah itu. (The New York Times Syndicate)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate

 
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...