Minggu, 11 Juli 2010

Di Mana Danau Terbesar Eropa?


Geofacts, Kompas - DANAU Ladoga mendapat kehormatan untuk disebut sebagai danau terbesar di Eropa. Danau ini terletak 40 km sebelah timur St Petersburg dan meliputi wilayah seluas 17.600 kilometer persegi. Panjangnya 219 kilometer, sementara lebarnya 82 kilometer. Kedalamannya mencapai 230 meter. Di tengah-tengah danau terdapat 660 pulau yang luasnya lebih dari 1 hektar.

Danau ini terbentuk dari glasier yang menggerus daerah pedesaan di Zaman Es. Kini, cekungan danau Ladoga meliputi 50.000 danau yang kecil dan sekurangnya 3.500 sungai yang panjangnya paling sedikit 10 kilometer. Bagian tepi utara dari danau ini terjal sekali. Di situ ada tebing yang tinggi dan berbatu, serta fjord yang sempit. Sebaliknya, di sebelah selatan, tepi adanau irip pantai berpasir dan berbatu. Tumbuh-tumbuhan lebat mengelilingi danau ini.
Sepanjang Perang Dunia II, ketika pasukan Jerman mengepung St Petersburg, kota yang ketika itu dikenal dengan nama Leningrad, danau tersebut merupakan jalur kehidupan. Lewat danau, perlatan militer bisa dimasukkan ke kota dan orang-orang yang terluka bisa dibawa keluar.

Danau ini sekarang merupakan bagian jalur air Volga-Baltik, yang sekaligus menjadi jalur transportasi dan areal penangkapan ikan komersial yang penting.

Sungai Neva mengalir keluar Danau Ladoga sepanjang 74 kilometer melalui jantung kota St Petersburg dan masuk ke Teluk Finlandia. St Petersburg yang dibangun oleh Peter Agung di abad ke 18 untuk menyaingi Venice, memiliki 101 pulau, 66 kanal dan ratusan jembatan.

Danau Ladoga merupakan bagian sangat penting bagi jalur air Volga-Baltik. Rangkian sungai dan danau diselesaikan tahun 1964 menghubungkan kawasan Baltik ke sungai Volga dan laut Hitam. (NYTNS/fit).


GF738 Copyright © 1999 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...