Rabu, 30 Juni 2010

Jam Apakah yang Paling Akurat di Dunia?


Geoweek, Kompas – DI sebuah ruangan berukuran laboratorium di Boulder, Colorado, yang dikelola oleh Institut Standar dan teknologi Nasional, para ahli telah membuat pengukur waktu yang luar biasa sebuah alat yang tentu saja menyenangkan bagi orang yang terobsesi pada waktu. Mesin ini menggunakan sebuah laser yang mengikuti gelar reguler dari sebuah atom merkuri yang dingin. Atom ini begitu stabil sehingga membutuhkan waktu 30 miliar tahun hanya untuk kehilangan satu detik. Versi awal jam-jam atom seperti ini menggunakan atom sesium dan gelombang mikro untuk menghasilkan tingkat akurasi kehilangan satu detik setiap 30 juta tahun, seribu kali kurang tepat dibandingkan “jam” terbaru.

Kecepatan gerak dari jam ini mencengangkan. Untuk menghitung setiap detiknya, jam ini harus menghitung 1.064.000.000.000.000-1.064 quadrillion goyangan atom merkuri. Yang palin penting dari ketepatan waktu itu bukan hanya untuk menyenangkan orang-orang yang terobsesi waktu saja. Menghitung waktu hingga ke tingkat yang sangat tepat ini diharapkan akan sangat berguna bagi misi-misi luar angkasa masa depan, untuk perhitungan orbit satelit yang tepat dan juga digunakan untuk merawat jaringan tenaga listrik serta jringan komputer berkecepatan tinggi. (NYTS/ARN)

GW1118 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...