Minggu, 27 Juni 2010

Di Mana Jalur Air Serengeti?


Geofacts, Kompas - MUNGKIN, tak ada tempat yang lebih baik dimana pun di dunia kecuali Daratan Serengeti, untuk melihat bagaimana binatang mencoba bertahan hidup melawan kejamnya alam. Setiap tahun para pengembala ternak mengikuti pola naluri migrasi binatang melintas Afrika bagian tengah, untuk mencari makanan dan air begitu musim berganti. Jalur ini lantas disebut sebagai Jalur Air Serengeti.

Serengeti sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa suku Maasai, yang artinya “dataran tak berujung”. Tahun 1951, sebagian wilayah ini oleh Pemerintah Kenya dibuat menjadi Taman Nasional dan Kaewasan Liar Serengeti. Luasnya mencapai 14.763 kilometer persegi. Taman ini terletak di dataran tinggi yang terletak di sepanjang perbatasan Tanzania ke dataran tinggi Ngorongoro. Terentang nyaris sampai ke Danau Victoria, Taman Nasional ini hampir meliputi seluruh Serengeti.


Taman ini sekarang merupakan satu-satunya tempat di Afrika di mana migrasi binatang besar-besar bisa dilihat. Diperkirakan ada 150.000 gazelle, 60.000 zebra, dan 1,3 juta gnu hidup di sini. Dari 35 spesies yang ada, Cuma tiga yang bergantung pada padang rumput di situ. Taman ini tahun 1981 dimasukkan UNESCO ke dalam daftar lokasi yang menjadi Warisan Dunia. (NYTNS/fit).

GF737 Copyright © 1999 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...