Sabtu, 26 Juni 2010

Di Manakah Puncak Tertinggi di Perancis?


Geoweek, Kompas – PUNCAK Mont Blanc merupakan gunung tertinggi di Perancis, sebuah gunung tinggi di tengah-tengah Pegunungan Alpen yang memisahkan Perancis dengan Italia. Ketinggiannya berkisar 15.782 kaki (setara dengan 4.810 meter) dari atas permukaan laut. Mont Blanc jug merupakan gunung tertinggi di seantero Eropa Barat.

Dari sisi geologi, Mont Blanc memang tinggi besar, melebihi lazimnya sebuah gunung. Mont Blanc adalah sebuah blok yang lebih besar dari batu karang dan dapat mencakupi beberapa puncak. Ketinggian ini biasanya tercapai akibat gerakan vulkanik yang terjadi pada masa lampau, meskipun gerakan vulkanik itu tidak lagi menjadi masalah di sekitar Mont Blanc.


Di tengah gunung, mulai dari puncak terus ke bawah sekitar 8.000 kaki (2.400 meter), Mont Blanc tertutupi es yang ketebalannya lebih dari 75 kaki (23 meter). Lapisan es ini mengalirkan gletser atau sungai es yang tak terhingga jumlahnya, turun ke bawah gunung.

Di bagian timur, Gunung Elbrus di Pegunungan Kaukasus di Rusia merupakan puncak tertinggi di seluruh Eropa. Tingginya mencapai 18.510 kaki (5.642 meter), lebih tinggi daripada Gunung Rustiveli yang sekitar 17.063 kaki (5.198 meter). Kedua gunung itu terletak di Rusia, merupakan gunung tertinggi kedua dan ketiga.

Mont Blanc pernah menjadi obyek wisata favorit selama lebih dari 200 tahun. Penginapan untuk wisatawan pertama dibuka pada tahun 1770, dan hotel termewah pertama dibangun pada tahun 1816. jaques Paccard dan Michel-gabriel Balmat merupakan dua orang setempat yang pertama mencapai puncak Mont Blanc pada tahun 1786.

GW1328 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...