Selasa, 01 Juni 2010

Bagaimana Seekor Albatros Sampai di Martha’s Vineyard?


Geoweek, Kompas – BARANGKALI dia mengambilbelokan yang salah ketika melintasi garis khatulistiwa, atau barangkali itu adalah sebuah kasus keinginan ngeluyur yang tiba-tiba muncul. Tetapi, faktanya pada awal musim semi tahun 2000 lalu, seekor burung albatros hidung kuning muncul tiba-tiba di kawasan sekitar Martha’s Vineyard, Massachusetts.

Kehadiran burung itu tidak diharapkan karena meskipun burung yang gagah ini terdapat di seluruh separuh bagian selatan Planet Bumi, burung ini jarang terbang ke arah utara.

Namun, untuk sesuatu alasan burung yang satu ini melakukannya. Dua peneliti sedang bersembunyi di balik rerumputan di Penikese Islan untuk mempelajari burung camar yang terancam punah ketika mereka mendapati ada seekor albatros hidung kuning (Thalassarche chlororhyncos) yang memiliki bentangan dari sayap ke sayap 4,5 meter (15 kaki) di atas kepala mereka. Burung itu membuat beberapa kali putaran sebelum kembali terbang menuju laut.

Burung yang sama mungkin tengah berjalan-jalan. Dua hari setelah pengamatan pertama, burung yang sama terlihat di pantai teluk Delaware, New Jersey. Lebih sepekan kemudian, laporan-laporan tentang pengamatan yang sama datang dari Rhode Island. Hari berikutnya, pengamatan yang terakhir dari Nuntucket.

Para ahli yakin bahwa itu adalah burung yang sama yang sedang berjalan-jalan. (NYTS/nmp)

GW907 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...