Selasa, 11 Mei 2010

Apakah “Makhluk Buas dari Baluchistan”?


Geofacts, Kompas – MESKIPUN memiliki beberapa nama saintifik berbeda, para periset sependapat bahwa “makhluk buas daru Baluchistan” adalah mamalia terbesar yang pernah menjelajah muka Bumi.

Herbivora raksasa ini disebut Baluchiterium atau Indricotherium, berbobot 30-40 ton (27,2-36,2 metrik ton), tingginya lebih dari 18 kaki (5,5 meter) dan panjangnya mencapai 26 kaki (8 meter). Kaki depannya yang masih lebih panjang daripada kaki belakangnya, sehingga memungkinkan herbivor ini mencapai daun-daun di pucuk pepohonan. Meskipun tidak mencapai daun-daun di pucuk pepohonan. Meskipun tidak memiliki cula, tetapi ia adalah nenek moyang apa yang sekarang kita kenal sebagai badak.

Pada tahun 1999, tim paleontolog dari Perancis menemukan fosil tulang belulang dari lebih 20 monster purba ini di Propinsi Baluchistan di baratdaya Pakistan. Ilmuwan telah membongkar sebagian dari sisa tulang-belulang makhluk ini pada awal 1990-an di Cina dan Mongolia, tetapi penemuan terakhir ini adalah yang pertama yang berhasil menemukan tulang-belulang secara utuh.

Lokasi penemuan fosil saat ini adalah padang pasir yang kering. Baluchiterium memakan lebih dari dua ton (1,8 metrik ton) bahan tanaman setiap hari, sehingga para ilmuwan menduga kawasan tempat hidup makhluk ini adalah hutan yang menghijau pada 20-30 juta tahun lalu. (NYTS/nmp)

GF818 Copyright © 2000 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...