Jumat, 14 Mei 2010

Apakah Bendungan Tiga Ngarai Membuat Jepang Hangat?


Geoweek, Kompas – BELUM, tetapi para ahli kelautan mengingatkan bahwa dalam beberapa tahun setelah keajaiban rancang bangun ini selesai pada tahun 2001, proyek tersebut akan membuat kawasan Laut Jepang menjadi hangat. Kuncinya adalah keseimbangan kompleks yang saat ini dijaga oleh tumpahan air tawar dari Sungai Yangtze di Cina ke Laut Jepang.

Aetiap detik, lebih dari delapan juta galon air tawar di tumpahkan ke Laut Kuning, yang kemudian mengalir ke utara menuju Laut Jepang. Air tawar itu, yang kepadatannya keurang dibandingkan air garam di laut dalam Laut Jepang. Membentuk lapisan penyekat di permukaan, menghalangi panas yang terjebak di dalam air lepas ke atmosfer.

Namun, megaproyek Cina itu yang menyertakan bendungan setinggi 610 kaki (186 meter) selebar 1,3 mil (2,1 km), di Sungai Yangtze, badan air terbesar di Cina dan merupakan sungai terbesar ketiga di dunia. Begitu selesai dibuat, ia akan membentuk sebuah bendungan yang seukuran dengan danau Superior di Amerika Serikat.

Para ahli meteorologi mengingatkan, pengurangan aliran Sungai Yangtze sebanyak 10 persen saja sudah bisa menghancurkan lapisan penyekat di bagian atas permukaan laut, menghangatkan atmosfer di atas kawasan tersebut, dan secara substansial mengubah iklim. (NYTNS/nmp)

GW941 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...