Selasa, 04 Mei 2010

Apa yang Membentuk Batuan Utah Selatan?


Geofacts, Kompas – SELAMA ini para ilmuwan mempunyai sedikitnya lima terori untuk menjelaskan asal mula batuan Carmel Formation di Taman Nasional Arches yang aneh dan tampak berkerut-kerut itu. Kini para peneliti memberikan teori keenam, bahwa sebuah meteor menghantam Utah tenggara dalam periode Jurrasic, sekitar 208 sampai 146 juta tahun lalu, menyebabkan bentukan itu.

Ada banyak penjelasan mengenai asal mula struktur geologis yang aneh itu, antara lain penguapan mineral dalam batu dan akibat sebuah gempa bumi. Namun tak seorang pun bisa membuktikan teori-teori tersebut.

Teori baru ini menyebutkan bahwa batuan carmel terbentuk ketika batuan itu mencair dan terlihat dalam suatu bencana alam besar yang bisa disamakan dengan sekurangnya gempa bumi berkekuatan 8.

Teori baru ini menunjuk Upheaval Dome di Taman Nasional Canyonlands, sebuah area sekitar 30 km dari Arches dan sejak lama dianggap sebagai kubah garam, sebagai tempat hantaman meteor. Bentuk Upheaval Dome termasuk lingkaran konsentris yang mirip dengan kawah hantaman meteor. Agar teori baru ini bisa disahkan, diperlukan lebih banyak bukti (NYTS/di)

GF735 Copyright © 1999 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...