Minggu, 16 Mei 2010

Apa itu “polynya”?


Geofacts, Kompas - POLYNYA merupakan keanehan yang membingungkan para ahli kelautan dan ahli gletser. Dia adalah kawasan yang bebas es di samudera, meskipun suhu udara seharusnya membekukan. Para ahli sudah lama mempertanyakan apa yang mendorong terjadinya gejala aneh di Arktik dan Antartika ini.

Dalam beberapa kasus, seperti polynya pantai di Antartika, para peneliti percaya bahwa lautan terbuka bisa terbebas dari es karena disapu oleh angin kencang yang mengalir ke bawah menjauhi daratan Antartika.


Polynya lain yang terbentuk laut terbuka diperkirakan terjadi akibat arus kuat air hangat yang bergerak ke atas sehingga meleburkan permukaan es. Akibatnya, panas memancar dari air. Ini kemudian membuat air menjadi lebih dingin dan kembali ke bawah untuk menggerakan pola sirkulasi samudera global.

Para peneliti Australia menggarap sebuah ekspedisi senilai dua juta dollar pada musim panas 1998 lalu untuk menyelidiki salah satu kasus terkenal Mertz Polynya di Antartika dengan harapan bisa memahami keajaiban ala mini. Sayangnya, akibat ruang mesin di dalam kapal terbakar, penemuan baru bakal tertunda. (NYTNS/fit).


GF701 Copyright © 1999 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...