Senin, 05 April 2010

Siapakah Orang-orang Etruscan?


Geoweek, Kompas – KITA dengan segera ingat pengaruh orang-orang Roma dan Yunani terhadap peradaban modern, tetapi sedikit yang mengetahui siapa yang mempengaruhi orang-orang Yunani dan Roma. Orang-orang Etruscan meninggali daerah Italia utara dan memegang peran sentral di dalam evolusi orang-orang Roma dan Yunani.

Homer menulis tentang orang-orang Etruscan pada tahun 750 SM, sementara Herodotus, sejarawan Yunani, pada abad ke lima sebelum Masehi menceritakan tentang migrasi orang-orang Etruscan dari Asia kecil ke arah barat setelah bahaya kelaparan menerpa daerah kelahiran mereka. Para sejarawan kemudian membantah tuturan Herodotus, dan apakah sisa-sisa bahasa Etruscan telah diuraikan kita tidak pernah tahu.

Meskipun demikian, kita tahu bahwa orang-orang etruscan memiliki dampak yang menetap pada orang-oarng Roma. Alat potong, kapak yang diikat dengan potongan-potongan kayu, menjadi simbol kekuatan orang-orang Roma, tetapi asalnya adalah milik orang-orang etruscan.

Orang-orang Roma juga mengadopsi rancangan kanal orang-orang Etruscan, jalan-jalan raya yang lurus-lurus dan cara pengeringan daerah rawa-rawa. Bahkan cara tentara Roma mendirikan kamp-kamp mereka mengikuti cara yang dilakukan orang-orang Etruscan.

Kebudayaan Etruscan mati pada tahun terakhir sebelum Masehi, terjepit di antara orang-orang Roma dari selatan dan penyerbu dari utara, meninggalkan hanya cerita dan sedikit artefak sebagai saksi kebesaran mereka. (NYTS/nmp)

GW914 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...