Minggu, 11 April 2010

Kapan Poros Bumi mulai Miring?


Geofacts, Kompas - SEJUMLAH ilmuwan percaya bahwa Bumi mulai miring sekitar 530 juta tahun lalu. Sepanjang 15 juta tahun berikutnya, porosnya bergeser lebih dari 90 derajat. Ini mengakibatkan benua-benua yang semula berada di kawasan kutub pindah ke kawasan khatulistiwa, sementara superbenua Gondwanaland yang masif kini berada di kutub selatan.

Tampaknya memang agak aneh, tetapi bahkan hasilnya lebih mencengangkan. Menurut para ahli, pergeseran poros Bumi itu menjelaskan terjadinya pertambahan besar-besaran organisme di planet yang berawal pada saat itu.


Periode Cambrian mulai sekitar 544 juta tahun lalu, dan sebelumnya hampir seluruih kehidupan di Bumi berupa mikroskopis. Sesudah itu organisme baru muncul dan evolusinya berkembang sekurangnya 20 kali lebih besar dibandingkan rata-rata sebelumnya.

Teori tersebut memang kontroversial. Itu artinya membutuhkan massa benua yang bergerak sekurangnya dengan kecepatan dua kali – bahkan boleh jadi lebih cepat – dibanding ukuran normal gerakan benua yang disebabkan oleh arus konveksi pada lapisan planet. Meski sejumlah peneliti agak skeptis, yang lain menunjuk pada perubahan hostoris di zona-zona subduksi (daerah lipatan) di Bumi dan geologi Mars sebagai bukti teori ini. (NYTNS/fit).

GF646 Copyright © 1998 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...