Selasa, 13 April 2010

Apakah Jumlah Sapi Laut Meningkat?


Geoweek, Kompas – TANATEE dari Amerika, atau disebut juga sapi laut, adalah mamalia asli Amerika Serikat yang hidup di sungai dan muara sungai di tenggara negara itu, terutama di Florida. Raksasa yang lembut ini masuk dalam daftar hewan terancam penuh di Amerika Serikat karena tempat tinggalnya menyusut akibat pembangunan. Selain itu, ratusan sapi laut terbunuh tiap tahun oleh baling-baling kapal.

Survei tahunan terakhir menghitung ada 3.116 ekor sapi laut hidup di perairan Florida, lebih banyak hampir 2.000 ekor dibandingkan dengan ketika survei pertama dilakukan 15 tahun lalu. Jumlah tersebut membuat pejabat perlindungan alam Florida menelusrkan sapi laut dari daftar hewan yang terancam di negara bagian itu. Keputusan itu ternyata menimbulkan kekhawatiran di antara pejabat perlindungan alam lain yang mempertanyakan apakah sapi laut sungguh-sungguh telah pulih populasinya ataukah kenaikan jumlah itu disebabkan teknik penghitungan yang lebih baik.

Meskipun sapi laut tetap masuk dalam daftar heawn yang dilindungi negara federal, keputusan negara bagian Florida dapat menghapus sejumlah aturan ketat yang ditetapkan atas pengguna kapal dan pembangunan properti, aturan mana telah membantu menjaga jumlah sapi laut. Dan ramalan ke depan tidak terlalu baik, ilmuwan memperkirakan populasi sapi laut akan menyusut hingga separuh jumlah saat ini karena hilangnya habitat, tabrakan dengan kapal dan ganggang merah (The New York Times Syndicate).

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...