Rabu, 14 April 2010

Di Manakah Kapal Kapten Kidd Berada?


Geoweek, Kompas – BILA petunjuk terakhir akurat, kapal laut milik seorang pembajak Inggris yang terkenal meungkin tenggelam pada kedalaman 125 kaki (38 meter) di lepas pantai sebuah pulau kecil bernama Madame di Pelabuhan Ste Marie, Madagaskar.

Musim semi lalu, pera penyelam menemukan tumpukan batu pemberat dan kepingan porselin Cina di perairan dangkal yang mungkin menyembunyikan beberapa kapal bajak laut.

Setelah menjadi pengusaha, William Kidd menjadi seorang tuan tanah New York yang kaya raya, pemimpin dunia bisnis dan hidup berkeluarga pada akhir tahun 1690-an. Ia meninggalkan semua kemewahan itu, kembali ke laut dengan dukungan Inggris untuk melindungi usaha perkapalan yang dimiliki perusahaan dagang Inggris East India Company. Namun, Kidd mengecewakan para pendukungnya dengan menjadikan dirinya sebgai pembajak dan menghabiskan dua tahun untuk merampoki kapal-kapal pedagang di kawasan itu.

Babak belur dan hampir tenggelam, Kidd melayarkan kapal Adventure-nya, sebuah kapal kayu dengan dayung dan layar, menuju pelabuhan Madagaskar pada tahun 1698. Ia memunggah kapalnya, membakar dan menenggelamkan kapal itu, lalu berlayar menuju England di atas kapal yang di bajaknya, untuk akhirnya mati di tiang gantungan untuk kejahatannya.

Bukti terbaik yang mendukung identifikasi sisa-sisa Adventure adalah sebuah kunci dayung dari besi berukuran besar yang hanya dipakai di kapa-kapal kayu yahun 1690-an. (NYTNS/nmp)

GW940 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...