Minggu, 18 April 2010

Bagaimana Geologi Digunakan untuk Menyimpan Sampah Nuklir?


Geofacts, Kompas - UNTUK waktu yang amat lama, bahan-bahan nuklir bisa sangat mematikan, empat puluh tahun lalu, National Academy of Sciences (Akademi Nasional Ilmu-ilmu Pengetahuan) mengeluarkan rekomendasi  untuk “mengubur”  tumpukan sampah dan bahan radioaktif dalam jumlah amat besar di lorong bawah tanah selama 10.000 tahun sambil menunggu hancurnya tingkat radioaktif benda-benda tersebut.

Adapun dua tempat yang diidentifikasi, yaitu Gunung Yucca, Nevada (AS), dan dekat Carlsbad, New Mexico (AS), meski “kuburan” radioaktif ini masih belum beroperasi. Tapi dalam waktu dekat bisa terjadi perubahan, sekurangnya untuk kawasan Carlsbad. Bulan Mei 1998, Enviromental Protection Agency (Lembaga Perlindungan Lingkungan) mengesahkan rancangan pengamanan untuk WIPP (Lokasi Percobaan Isolasi Sampah). Ini merupakan pengesahan penting yang dibutuhkan untuk kawasan itu (Carlsbad) agar bisa mulai menerima bahan-bahan radio aktif. WIPP dibangun 2.100 kaki (640 meter) di bawah tanah, didalam sebuah gundukan garam alami. Rancangan ini membolehkan WIPP menyimpan sebagian besar sampah yang tersisa dari produksi persenjataan nuklir.


Sementara kawasan Gunung Yucca menghadapi halangan lain. November lalu, para ahli menemukan air yang merembes melalui kawasan itu empat kali lebih cepat disbanding yang pernah mereka perkirakan. Para pejabat khawatir bahwa air kawasan itu akan membuat keropos wadah pembungkus bahan radioaktif dan selanjutnya mengkontaminasi air tanah di daerah itu. Kira-kira baru setahun lagi mereka bakal tahu apakah kawasan ini aman atau tidak. (NYTNS/fit).


GF638 Copyright © 1998 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...