Rabu, 21 April 2010

Apakah Batu Petoskey?


Geoweek, Kompas – BATU Petoskey, ditetapkan sebagai batu negara bagian Michigan pada tahun 1965, sebetulnya bukan batu. Batu itu adalah coral yang memfosil. Koral itu dulunya hidup di laut dangkal yang hangat pada periode Devon, sekitar 360 juta tahun lalu.

Kekuatan tektonik mengubur koral itu ke lapisan bebatuan yang sekarang disebut sebagai batu kapur Alpena, sebuah batu dasar yang ditemukan dalam jumlah kecil di beberapa bagian Amerika Utara. Sungai es tua yang mengalir memotong daratan menarik dan mencabut kepingan batu kapur itu dan membawa batu itu bersama aliran sungai es, menghaluskan dan membuat batu koral itu membundar, lalu meninggalkan batu itu di tepi Danau Michigan.

Batu Petoskey terserak di sepanjang tepian dan menjadi deposit batuan di sebagian kecil Danau Michigan. Kawasan itu berpusat di kota Petoskey, nama yang berasal dari nama anak laki-laki ketua suku Indian Ottawa yang merupakan pedagang bulu kaya di sana pada tahun 1800-an.

Dalam pengamatan dari jarak dekat, batu Petoskey memperlihatkan pola koral memfosil yang membentuk batuan kapur. Para kolektor kerap melicinkan batu itu memakai tangan untuk meperlihatkan lebih banyak pola koral yang menyebabkan batu Petoskey unik dan terkenal. (The New York Times Syndicate).

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...