Kamis, 01 April 2010

Apa yang Menyusun Benua Amerika Selatan?


Geofacts, Kompas – SEPERTI tetangganya di Utara, benua Amerika Selatan terpisah dari Afrika lebih dari 100 juta tahun lalu ketika terjadi pemisahan Gondwana. Amerika Selatan membentuk massa daratan yang besar, berbentuk layang-layang yang membentang dari ujung Amerika Tengah ke arah selatan ke Cape Horn yang terpencil.

Lebih dari 319.553.000 orang mendiami benua yang ukurannya kira-kira dua pertiga ukuran benua di utaranya. Amerika Selatan membentang seluas 6.883.000 mil persegi (17.826.888 km persegi) dan memiliki rangkaian Pegunungan Andes di sepanjang tepi barat dan bagian bawah benua, serta plato tua di sepanjang pantai timurnya.

Sebagian besar dari separuh bagian utara benua ini terdiri dari hutan lebat yang memunculkan enam lembah sungai, dengan sistem sungai terbesar adalah Amazon dan Orinoco. Lebih dari 90 persen aliran air di benua itu mengalir ke arah timur ke Samudera Atlantik.

Titik tertinggi di benua itu adalah Gunung Aconcagua di Cile dengan ketinggian 23.034 kaki (7.021 meter). Pada ketinggian 131 kaki (40 meter) dibawah permukaan laut, Semenanjung Valdez merupakan titik terendah. Danau Titicaca, di sepanjang perbatasan Peru dan Bolivia adalah salah satu danau terbesar. (NYTS/nmp)

GF820 Copyright © 2000 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...