Selasa, 30 Maret 2010

Apa yang Ditemukan di Gua Kents?


Geoweek, Kompas – SEBUAH tulang rahang dan tiga gigi, mungkin sisa-sisa tubuh orang Neanderthal, boleh jadi dapat menjadi petunjuk tentang seberapa awal manusia bermigrasi melintasi Eropa.

Sisa-sisa tulang rahang itu ditemukan pertama kali pada tahun 1927 setelah digali di Gua Kents, sebuah sistem gua yang berada di Torquay, Inggris.

Uji radioakarbon, yang dilakukan 80 tahun lalu, mengindikasikan tulang dan gigi itu berasal dari manusia Cro-Magnon yang hidup di kawasan itu kira-kira 31.000 tahun sebelumnya. Namun, uji sedimen yang diambil dari lapisan tanah di atas dan bawah tulang rahang itu yang dilakukan sekarang menindikasikan tulang itu berusia 40.000 tahun. Perbedaan usia taksiran itu kecil saja, tetapi penting, mengesankan tulang itu berasal dari Neanderthal.

Uji tambahan sekarang sedang dilakukan di Oxford University untuk meverifikasi umur tulang rahang dan memastikan apakah hipotesis tentang Neanderthal tersebut benar adanya. DNA Neanderthal sangat unik sehingga DNA pada tulang dan gigi itu kemungkinan akan membuat peneliti dapat memastikan teori itu.

Jika teori itu terbukti benar, tulang rahang itu akan menjadi bukti pertama bahwa Neanderthal tinggal di Inggris dan akan memperlihatkan bahwa manusia kuno menyebar ke seluruh Eropa lebih awal dari perkiraan semula.

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...