Sabtu, 27 Maret 2010

Apakah Pernah Ada Negara Bernama Prusia?


Geoweek, Kompas – AKAR bangsa Prusia awal berasal dari invasi tentara Jerman ke daerah antara Lituania dan Polandia pada abad ketujuh.

Pemerintah mereka kalah pada tahun 1226 sebgai korban invasi tentara ordo keagamaan Jerman yang menyebut diri dengan Kesatria-kesatria Teutonic dan mengawali beralihnya orang Prusia menjadi pengikut Nasrani.

Dua abad kemudian, dengan bantuan Polandia dan Lituania, Prusia mengkudeta para kesatria tersebut. Kawasan itu terbagi dua, Ducal Prussia di timur dan Royal Prussia di barat, yang keduanya dikontrol atau berada di bawah pengaruh Polandia.

Sebuah invasi atas Polandia oleh orang Swedia pada pertengahan tahun 1600-an menghasilkan efek samping. Berakhirnya kontrol Polandia atas Prussia, yang menjadi negara merdeka. Prussia berkembang pesat dan pada tahun 1772 wilayahnya meliputi apa yang sekarang adalah bagian utara Polandia, bekas Jerman Timur dan bagian kecil Uni Soviet.

Prussia mendapatkan kekuasaan dalam skala dunia pada tahun 1871 ketika negara itu mengalahkan Prancis dalam perang Prancis-Jerman dalam Perang Dunia I memaksa negara itu melepaskan sebagian Prussia dan mengisolasi bagina lain negara itu secara geografis. Perang Dunia II berakhir dengan sebgaian besar bekas Prussia terbagi antara Uni Soviet dan Polandia.

Otto von Bismarck (1815-1898), pendiri negara Jerman modern, adalah Kanselir Prussia tahun 1862-1890. (NYTNS)

GW1248 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...