Minggu, 28 Maret 2010

Apa yang Mengancam Ikan Atlantik Utara?


Geofacts, Kompas - KAWASAN yang paling kaya di belahan utara bumi tampaknya akan menghadapi invasi monster kecil bersungut. Hidroid, saudara sepupu ubur-ubur dan anemon, ditemukan melayang bebas di perairan Georges Bank lepas pantai New England, Amerika Serikat. Penemuan ini telah mendorong riset oleh ilmuwan dari beberapa Negara.

Hidroid dalam keadaan normal membagi siklus hidup mereka ke dalam fase diam yang panjang, saat mana mereka melekatkan diri ke dasar laut, dan fase yang lebih pendek di mana mereka bergerak mengikuti arus laut. Mereka makan dari makhluk amat kecil yang disebut copeded – makhluk yang sama yang membentuk kesatuan besar yang menjadi makanan larva ikan cod, haddock, dan ikan-ikan lain.


Ilmuwan sekarang menemukan hidroid mengapung di Atlantik Utara pada konsentrasi  sampai 100 per galon air. Kompetisi terhadap makanan inilah yang dikhawatirkan akan mengancam kehidupan ikan-ikan muda.

Penemuan ini bahkan lebih mencemaskan, karena perairan Georges Bank telah terlalu banyak dimanfaatkan selama decade lalu. Hampir sebagian besar kawasan ini sekarang dibatasi untuk penangkapan ikan secara komersial, dengan harapan populasi ikan cod dan haddock akan kembali. (NYTNS/nmp).


GF627 Copyright © 1998 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...