Selasa, 23 Maret 2010

Apakah Bebatuan Mangarungi Bagian Barat Amerika Serikat?


Geofacts, Kompas - AHLI geofisika dan geologi tidak sepakat. Yang pertama mengatakan ya, dengan menunjukan bukti baru bahwa bagian-bagian yang sekarang dikenal sebagai Kanada suatu saat dimasa lalu berada dibagian selatan California. Para geolog sebaliknya, tidak percaya teori itu.

Para peniliti dari California Institute of Technology menemukan petunjuk di batuan sedimen tua dari pulau Vancouver di lepas pantai Pasifik bagian Kanada. Ketika batuan terbentuk, mereka merekam posisi relatif mereka terhadap medan magnet bumi. Ketika peneliti memeriksa batuan di pulau Vancouver, pengukuran paleomagnetik mereka identik dengan batuan yang terbentuk 90 juta tahun lalu di Baja, California yang berjarak kira-kira 3.600 km jauh di selatan.


Peneliti lain menambah hal lain pada teka-teki ini, yaitu sejumlah batuan pantai yang sekarang di tenggara Alaska dan British Columbia memulai jalur perjalanan mereka 3.000 – 4.000 km ke selatan sekitar 83 juta – 45 juta tahun lalu. Batuan pantai lainnya tampaknya telah berkelana sejauh 1.000 – 2.000 km dari tempat asal mereka di selatan.

Para geolog skeptis dengan pandangan tersebut, karena mereka tidak memiliki bukti sebuah sistem patahan yang akan memaksa sebuah perpindahan kepingan daratan berskala besar. Tetapi, mereka juga mengakui mereka hanya memiliki sedikit bukti untuk tidak setuju dengan adanya gerakan tersebut. (NYTNS).


GF625 Copyright © 1998 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...