Minggu, 07 Februari 2010

Bagaimana Ubur-ubur Menghancurkan Laut Kaspia?


Geoweek, Kompas – SEEKOR ubur-ubur yang panjangnya 2-4 inci (5-10 cm) menjadi ancaman serius terhadap laut dalam terbesar Bumi. Membentang sapanjang 150.000 mil persegi (388.498 km persegi) di selatan Asia. Laut kaspia berbatasn dengan Rusia, Kazakhstan, Turmenistan, Iran dan Azerbaijan. Selama bertahun-tahun, perairan itu terkenal dengan kaviarnya, telur ikan asal Rusia yang sangat terkenal.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengganggu baru ini ubur-ubur sisir Leidy (Mnemiopsisleidyi) telah menumpang secara gelap di tangki lambung kapal, dari pantai timur Amerika Utara ke perairan Kaspia.

Beberrapa migrasi itu pada masa lalu telah begitu berhasil. Hanya dua tahun setelah invasi itu dimulai ubur-ubur sisir Leidy telah memenuhi kawasan itu. Hewan ini sangat rakus dia makan 10 kali bobot tubuhnya dan kebanyakan makanannya adalah pakan utama fauna lokal, termasuk ikan penghasil kaviar. Ubur-ubur ini juga berkembang biak dengan cepat: Satu hewan dewasa bisa menghasilkan 8.000 anak dalam sehari. Para ahli biologi berharap bahwa upaya mendatangkan musuh alami ubur-ubur tersebut, tetapi si Beroe itu sendiri akan menjadi makhluk asing pendatang yang mungkin akan menimbulkan masalah baru. (NYTS)

GW1024 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...