Kamis, 04 Februari 2010

Apakah “Mutiara dari Siberia”?


Geoweek, Kompas – NAMA panggilan itu ditujukan untuk Danau Baikal di bagian tenggara Siberia, yang juga memegang rekor sebagai danau terdalam di dunia dan danau air tawar terbesar di Eropa dan Asia.

Baikal meliputi luasan 12.160 mil persegi (31.494 kilometer persegi) dengan panjang 395 mil (636 kilometer) dan lebar 18-50 mil (29-81 kilometer). Lebih dari 300 sungai besar dan kecil mengalir ke danau ini.

Danau Baikal memiliki jumlah air lebih banyak daripada semua danau pada kelompok Danau Besar di Amerika Serikat, yaitu seperlima dari semua air tawar di permukaan Bumi. Dalamnya lebih dari satu mil (1.620 meter). Tambahkan pada angka itu 4 mil (6,5 kilometer) berupa sedimen yang terakumulasi di dasar danau sejak terbentuk 20 juta-30 juta tahun lalu. Itu sangat tidak biasa karena umur hidup kebanyakan danau hanya puluhan ribu tahun, bukan jutaan tahun.

Apa yang membedakan Baikal dari yang lain adalah danau ini terbentukdi palung bebatuan yang dalam yang menurut sejumlah peneliti membelah Benua Asia. Ilmuwan telah menemukan mata air hidrotermal di dasar danau, fenomena yang umumnya terdapat di retakan di dasar samudra. Danau Baikal mungkin saja sedang berproses menjadi sebuah samudra. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...