Kamis, 11 Februari 2010

Bagaimana Melacak Ikan Matahari Raksasa?


Geoweek, Kompas – DI dalam dunia kehidupan rupa ekstrim, mola mola adalah contoh paling tepat. Memulai kehidupannya sebagai larva yang panjangnya Cuma satu sepersepuluh inci (2,5 milimeter), ikan lautan tropis ini bisa mencapai panjang sampai 14 kaki (4,2 meter) dan bobotnya hampir 5.000 pound.

Meskipun ukuran mola dewasa sangat besar, yang mengejutkan kita tahu hanya sangat sedikit  mengenai siklus hidup mereka. Para ilmuwan sekarang mencoba belajar lebih banyak mengenai raksasa lautan ini dengan memasang tanda pengenal dilengkapi sensor sehingga kegiatan ikan ini bisa diketahui melalui satelit.  Sejauh ini, ada sekitar selusin mola yang telah dipasangi tanda pengenal.

Mola tidak akan pernah memenangi kontes kecantikan. Bila dilihat sepintas, dia lebih mirip sebuah kepala daripada seekor ikan utuh. Dia sering kelihatan mengapung di dekat permukaan samudera, berbalik pada salah satu sisinya untuk menikmati panas matahari. Mola adalah orang tua yang luar biasa: sel telur mola betina mampu memproduksi sampai 300 juta butir telur.

Dengan kulit yang kuat dan tebal, mola bisa hidup hanya dari ubur-ubur, makanan favorit mereka, tanpa terpengaruh oleh sengat ubur-ubur beracun. (NYTNS)

GW1103 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...