Sabtu, 13 Februari 2010

Apa yang Menginvasi Danau Besar?


Geoweek, Kompas – MAKHLUK yang melakukan invasi bertampang buruk, ikan bertotol-totol sepanjang sekitar tujuh inci (17,7 cm) yang seharusnya berenang-renang di Laut Hitam saja. Bukannya melakukan itu, ikan gobi bulat ini malah menjadi penumpang gelap melintasi separuh Bumi dan memasuki danau-danau di Amerika Serikat.

Seperti juga para penyerbu yang sudah datang lebih dulu ke perairan Amerika, ikan gobu bulat (Neogobius melanostomus) mengambil alih habitat yang baru ketika mereka berpindah ke tempat tinggal baru, menyantap semua makanan yang tersedia, dan memakan telur dan bayi-bayi ikan jenis lain yang menjadi saingannya.

Gobi yang pertama ditemukan di Danau Besar pada tahun 1990. hanya dalam 12 tahun kemudian, gobi ini telah ditemukan di seluruh lima danau dan tampaknya memasuki sungai-sungai yang berhubungan dengan kelima danau itu dan menuju cekungan Sungai Mississippi. Bila gobi telah menyelesaikan perjalanannya, para ahli mengkhawatirkan ikan ini akan memenuhi sungai-sungai, aliran air dan danau-danau di seluruh Amerika Serikat bagian tengah.

Awalnya, kedatangan gobi ini seperti sebuah keberuntungan: Mereka menggayang kerang zebra, makhluk pendatang lain yang telah menguasai bagian utara badan air. Ternyata gobi tidak Cuma memakan kerang, namun juga menyerang ikan lokal seperti bas mulut kecil, walleye dan perch. Para ahli sekarang sedang mencari jalan untuk bisa mengontrol populasi gobi. (NYTS)

GW1027 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...