Selasa, 16 Februari 2010

Apakah Itu Calafia?


Geoweek, Kompas – SELAMA bertahun-tahun orang bertanya mengenai fosil tulang mammoth yang ditemukan di salah satu lepas pantai Kepulauan Channel di california. Pertanyaan dasarnya adalah, mengapa hewan besar yang menyerupai gajah itu bisa berenang begitu jauh ke tengah samudera?

Jawabannya mungkin terdapat pada penemuan yang membuat para peneliti percaya bahwa ada sebuah pulau kecil di samudera Pasifik yang tenggelam sekitar 11.000 tahun lalu akibat terjangan ombak, pada akhir Zaman Es. Pulau itu mestinya terletak di tengah-tengah antara daratan dan lokasi Kepulauan Channel sekarang.

Dengan menggunakan sonar, para peneliti mengamati topografi dasar lautan di Pantai California, di tempat di mana mereka percaya ada sebuah pulau sepanjang 1,25 mil (2 kilometer) dengan tinggi setidaknya 30 kaki (10 meter) di atas permukaan laut. Sebuah pengujian atas formasi permukaan menunjukkan struktur geologi hanya dapat disebabkan oleh gerakan gelombang.

Para peneliti telah menamakan pulau itu Pulau Calafia mengikuti nama tokoh dongeng ratu pejuang. Jika permukaan samudera cukup rendah untuk menampilkan Calafia, maka yang akan menjadi pulau terbesar dari empat pulau di kepulauan Channel adalah Santarosae. (NYTNSS/ARN)

GF1035 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...