Kamis, 07 Januari 2010

Siapakah Penghasil Kopi Terbesar?


Geoweek, Kompas – KETIKA berbicara mengenai komoditas umum, satu-satunya komoditas di pasar dunia yang lebih berharga daripada kopi adalah minyak mentah. Kopi adalah produk ekonomi utama untuk lusinan negara dan setidaknya 25 juta orang, kebanyakan dari mereka sangat miskin. Setidaknya dalam tiga tahun terskhir, harga pasar dunia untuk kopi jatuh sampai 60 persen. Brasil dan Vietnam, penghasil kopi nomor satu dan nomor tiga di dunia, mungkin merupakan penyebab jatuhnya harga ini; Brasil meningkatkan produknya sampai 103 persen, sementara Vietnam mendongkrak produksi mereka sampai 209 persen.

Sekita tujuh persen dari biaya per pon kopi masuk ke kantung para petani kopi. Sisanya di bagi antara para pemroses, pedagang besar, dan pedagang eceran, yang semuanya memanen keuntungan yang menggiurkan bahkan dengan harga kopi yang jatuh akhir-akhir ini.

Negara-negar lain yang masuk lima penghasil kopi terbesar di dunia adalah Kolombia (2), Indonesia (4), dan India (5). Bila jumlah digenapkan menjadi 10, tambahannya adalah negara-negara Guatemala (6), Meksiko (7), Etiopia (8), Uganda (9), dan Panyai Gading (10). (NYTNS/NMP)

GF1033 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...