Selasa, 19 Januari 2010

Apakah Hutan Awan Itu?


Geoweek, Kompas – NAMA ini seolah-olah berarti awan “tumbuh” di hutan bersama-sama dengan tumbuhan dan hewan, dan sebetulnya hal itu sebagian benar. Nama teknis hutan ini yaitu hutan tropis montane adalah habitat-habitat unik yang memahkotai jajaran gunung-gunung di seluruh dunia.

Ekosistem ini mendapatkan namanya dari kelembaban 100 persen yang mendominasi kawasan setempat, memintas hujan dan menyebabkan uap air mengembun langsung dalam kehidupan tumbuhan. Hutan-hutan seperti itu masih ditemui di Amerika Utara, Tengah dan Selatan, tetapi mereka menghadapi ancaman besar untuk bisa tetap bertahan.

Hutan awan menjadi tempat tinggal ratusan jenis tumbuhan dan binatang banyak di antaranya termasuk jenis eksotis dan menjadi tempat cadangan air yang sangat besar untuk di minum penduduk yang tinggal di kaki gunung.

Para ahli konservasi alam mengkhawatirkan sampai sebanyak 90 persen hutan-hutan awan telah lenyap, karena populasi manusia memangkas pertumbuhan pepohonan dan menyebar sampai ke daerah yang sebelumnya tidak berpenghuni. Bila hutan ini berkurang dalam jumlah begitu besar, awan tidak akan terbentuk dan ekosistem akan mengalami kegagalan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa bersama-sama dengan masyarakat konservasi alam, telah meluncurkan usaha di seluruh dunia untuk penyelamatan hutan awan yang jumlahnya diperkirakan lebih dari 600 buah dan tersebar di 41 negara. (NYTNS/NMP)

GW1012 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...