Sabtu, 19 Desember 2009

Siapa Merokok di Bawah Es Arktik?


Geoweek, Kompas – DALAM penemuan yang kemudian menjadi sebuah temuan yang paling mengejutkan dalam dua dekade terakhir, ilmuwan yang memetakan pegunungan bawah laut dalam yang memotong dasar laut di bawah bongkahan es Arktik telah menemukan selusin gunung berapi baru di bawah laut dan sebuah ladang “perokok hitam” yang lebih besar daripada yang terdapat di dasar Samudera Pasifik maupun Atlantik.

Ekspedisi tahun lalu, didukung Yayasan Sains Nasional (NAS) Amerika Serikat, menjejaki tipografi Perbukitan Gakkel, membentuk muka Bumi sepanjang 1.100 mil (1.770 km) yang dimulai dari Tanah Hijau hingga ke Siberia di sepanjang lantai Samudera Arktik.

Ilmuwan sejak dulu berpendapat bahwa kawasan itu relatif jinak secara vulkanis dibandingkan dengan bukit-bukit bawah air di lautan-lautan lain. Sekarang mereka percaya kawasan ini menjadi yang paling aktif yang diketahui sejauh ini.

Sebuah kawasan yang sangat luas yang memiliki semburan hidrotermal dan cerobong-cerobong “perokok hitam” ditemukan pada kedalaman mencapai 16.000 kaki (4.877 meter) dan dinamai ladang Aurora. Gakkel dipercaya merupakan punggung perbukitan terdalam dan terpencil dalam sistem palung dasar laut dan mungkin menyediakan oase kehidupan yang mencari hidup di sekitar semburan hangat di mana suhu air berada pada perbatasan membeku. (NYTS)

GW1025 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...