Selasa, 22 Desember 2009

Mengapa Telapak Kaki Pejalan di Atas Api Tidak Pernah Terbakar?


Geoweek, Kompas – SETIAP orang yang pernah meilhat sorang yang dalam sebuah pertunjukan atau upacara berjalan di atas bara arang yang menyala terkesan oleh tindakan yang melawan logika itu mengapa kakinya tidak terbakar dan keberanian luar biasa orang itu.

Ketika penduduk dsa-desa di Yunani atau orang India penganut Hindu melakukan kegiatan ini, tampak seolah-olah elemen supranatural sedang bekerja. Tetapi sekarang ahli fisika dengan cepat akan menjawab ada alasan rasional dan praktis mengapa kaki orang-orang itu tidak terbakar.

Alasan utama adalah bahwa arang kayu yang membara adalah penghantar panas yang buruk. Sama sekali tidak ada urusannya dengan sihir memasukkan tangan Anda ke dalam oven pembakaran tanpa tangan Anda terbakar. Bila itu Anda lakukan lalu memegang rak dalam oven yang sama, hasilnya akan berbeda. Penyebabnya udara di dalam oven adalah penghantar panas yang buruk dibandingkan dengan rak dari logam. Sekejap saja di dalam panas oven tidak lebih merusak dibandingkan dengan berjalan cepat di atas kayu yang menyala.

Selain itu, menurut para dokter, mereka yang sukses berjalan di atas arang kayu menyala memiliki sirkulasi darah sangat baik. Darah yang secara konstan mengalir melalui pembuluh darah di kaki melepaskan panas sama seperti cara kerja pipa-pipa penukar panas.

Namun, sirkulasi darah dan konduksi panas tidak ada hubungannya dengan keberanian melakukan tindakan itu. (NYTS)

Copyright © 2006 he New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...