Minggu, 13 Desember 2009

Di Manakah Goa Terpanjang di Dunia?


Geoweek, Kompas – TERSEMBUNYI di balik lanskap bergelombang di tengah-selatan negara bagian Kentucky, Amerika Serikat, terdapat goa terpanjang di dunia; Goa Mammoth. Mendapatkan nama itu karena ukurannya yang luas, bukan dari nama gajah Zaman Es, goa itu memiliki setidaknya 365 mil (587 km) jalur bawah tanah.

Goa Mammoth mulai terbentuk sekitar 10 juta tahun lalu ketika lapisan-lapisan batu kapur yang mudah larut, sisa-sisa dasar laut tua, tergerus air hujan dan aliran air permukaan. Bersama waktu kekuatan penggerus air tersebut membuat lubang besar di batuan kapur dan menghasilkan goa dan terowongan di Goa Mammoth.


Sejak awal tahun 1800-an Goa Mammoth telah didatangi pengunjung dan dijelajahi para ilmuwan. Taman Nasional Mammoth ditetapkan pada tahun 1941 ketika hampir 53.000 acre (21.448 hektar) disisihkan untuk melestarikan goa dan lingkungan pendukungnya.

Taman nasional itu berisi beragam jenis tumbuhan dan hewan, beberapa di antaranya terancam punah, termasuk lima jenis ikan yang hanya ada di sana. (New York Times Syndicate)

Copyright © 2008 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...