Kamis, 03 Desember 2009

Akankah Ganggang Laut Menghancurkan Karang Koral Florida?


Geoweek, Kompas – ILMUWAN menyebutnya sebagai “ganggang-makro” untuk membedakannya dari ganggang mikro biasa terdapat di kolam dan aliran air. Tetapi, bentuk tumbuhan air ini mewakili sebuah ancaman nyata terhadap karang koral yang mengelilingi bagian selatan Florida.

Caulerpa brachypus adalah sejenis ganggang laut yang cepat berbiak dan masif yang biasanya hidup di Samudera Pasifik, tetapi telah menduduki sepanjang pantai Florida. Tiba di tempat itu bersama kapal-kapal yang mengarungi samudera atau sebagai buangan dari akuarium, tumbuhan ini telah merebut kawasan tersebut. Meskipun para ilmuwan tahu tumbuhan ini berbiak cepat, ternyata sedikit yang mereka ketahui tentang tumbuhan air ini.

Tanpa musuh alami di kawasan tersebut, tumbuhan ini menyebar tanpa kontrol. Tumbuhan ini mengisi setiap retakan dan lubang di karang koral di mana lobster dan ikan tinggal, menutupi hampir semua dasar laut, sehingga menghalangi makhluk laut lainnya mencari pakan.

Para peneliti percaya bahwa penyebaran tumbuhan ini yang sangat cepat didorong oleh pembungan limbah yang sudah dioleh ke laut di dekat karang koral itu. Nitrogen di dalam limbah buangan itu lebih tinggi dibandingkan dengan air laut normal. Ilmuwan di Florida sedang mempersiapkan survei untuk mengetahui penyebaran ganggang laut itu pada musim panas ini, tetapi anggaran pemerintah negara bagian untuk proyek ini mungkin dipotong. (NYTNS)

GW1120 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...