Kamis, 19 November 2009

Seberapa Jauh Hiu Putih Berkelana?


Geoweek, Kompas – UNTUK waktu yang lama, hiu putih besar disangka sebagai “penduduk” lokal yang memburu anjing laut dan singa laut di pantai California, sampai sebuah penelitian membuktikan mereka ternyata pengelana dunia. beberapa dari mereka ditunjukkan menempuh perjalanan sampai melintasi Samudera Pasifik.

Penemuan ini, dimungkinkan dengan pemantauan elektronik dan penjejakan satelit, mengubah pandangan para ilmuwan tentang ikan predator terbesar itu. Sebuah tim peneliti dari tiga universitas memasang tanda pengenal pada setengah lusin hiu berukuran besar tersebut yang sedang memburu anjing lain di dekat San Fransisco.

Tanda pengenal ini dilengkapi sensor yang setiap hari mencatat lokasi, kedalaman, kegelapan, suhu, dan data lainnya selama sembilan bulan. Pada akhir periode sembilan bulan itu, tanda pengenal akan secara otomatis terlepas dari tubuh hiu dan meluncur ke permukaan laut, di mana data dikirim ke satelit lalu ditransmisikan ke laboratorium.

Penelitian ini menunjukkan bahwa satu dari enam hiu itu berenang dari California sampai ke Hawaii, sebuah perjalanan sepanjang 2.280 mil (3.669 km). pengamatan dekat pantai sebelumnya memberi dugaan bahwa hiu putih jarang menyelam lebih dari 90 kaki (27,4 meter), tetapi data terbaru dari satelit menunjukkan bahwa mereka beberapa kali menyelam sangat dalam. (NYTS/nmp)

GW1020 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...