Rabu, 18 November 2009

Kapal Kuno Apa yang Ditemukan di Laut Hitam?


Geoweek, Kompas – DI lepas pantai Bulgaria, para peneliti menemukan sisa-sisa kapal dagang berusia 2.400 tahun yang tenggelam pada masa keemasan Yunani. Dari isi kapal itu, para arkeolog berharap mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kehidupan sehari-hari pada masa kuno di kawasan tersebut.

Penemuan oleh ilmuwan Bulgaria dan Amerika itu terjadi pada hari terakhir dari ekspedisi yang direncanakan berlangsung dua pekan. Kapal ini berada di kedalaman 275 kaki di bawah air dan kawasan itu tidak jauh dari darat, dengan kondisi sangat baik, karena kondisi Laut Hitam yang dingin dan tidak mengandung banyak oksigen. Kondisi tersebut menyebabkan cacing dan makhluk lain  yang merusak kayu kapal tidak bisa hidup.
Para penyelam yang menyelami lokasi itu menemukan lusinan amphora (bejana tanah liat kuno besar dan berbentuk silinder) kuno yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Para penyelam itu membawa satu amphora ke permukaan laut untuk mengetahui isinya dan menemkan sisa-sisa ikan lele yang panjangnya sekitar dua meter yang telah diasin serta dibuang durinya dan siap dikirim dengan kapal kepada pemesan.

Para peneliti merencanakan kembali lagi ke lokasi itu pada than 2004 untuk mengambil lebih banyak lagi amphora dan artefak lain dari kapal itu.

GW1111 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...